Tangerang

Berikut makanan khas Tangerang yang populer dan wajib dicoba, yaitu :

1. Laksa Tangerang

laksa tangerang tokomesin
Laksa tangerang ini ialah sajikan makanan dengan bahan baku mie berwarna putih terbuat dari bahan beras, mie ini seperti mie bihun namun ukurannya lebih besar seperti spaghetti. Pada tekstur mie ini cenderung kasar dan tidak lentur layaknya mi kuning. Mie ini di diberi tambahan kuah dengan rasa yang gurih dibuat dengan tambahan santan, isian pada laksa tangerang ini hanya mie dengan siraman kuah sayur yang diberi campuran kacang hijau dan saat penyajikan diberi taburan daun kucai, potongan daging ayam atau telur ayam. Daging ayam yang digunakan ini pun terlebih dahulu dibakar supaya memberikan rasa dan aroma ayam bakar membuat rasanya semakin gurih. Selain isian tersebut yang membuat makanan ini semakin unik ialah taburan kelapa parut mirip dengan serudeng. Laksa yang ada di Tangerang ini ada dua jenis yaitu laksa nyai yang merupakan laksa buatan kaum pribumi dan laksa nyonya yang merupakan laksa buatan kaum peranakan china. Apabila sewaktu – waktu mampir ke kota ini maka coba nikmati laksa tangerang, tentu Anda akan merasakan kenikmatan dan kelezatan makanan khas dari kota 1000 industri ini.

2. Nasi Sumsum Tangerang

Bantenasia-Nasi-Bakar-Sumsum maksindotangerang
Makanan kedua yang patut untuk Anda nikmati ialah nasi sumsum tangerang. Makanan ini memang sudah bisa dilihat dengan jelas jika nasi diberi tambahan bahan sumsum yang dihasilkan dari sapi atau kerbau. Nasi sumsum tangerang dibuat dari bahan nasi yang telah matang selanjutnya diaduk dengan tambahan bahan rempah. Apabila proses pengadukan bahan ini selesai terakhir menambahkan sumsum dan membungkusnya dengan menggunakan daun pisang. Baru proses pematangan selanjutnya dengan membakar nasi sampai matang dan keluar aroma khas. Makanan ini biasa disantap pada siang hari oleh warga tangerang untuk menu makan siang. Aroma dan cita rasanya mampu meningkatkan selera makan, walaupun menu nasi sumsum ini tergolong makanan langka di tangerang namun masih ada beberapa warung makan yang menjualnya. Berkunjung ke Tangerang menjadi momen istimewa jika sudah menikmati gurihnya nasi sumsum.

3. Gereng Asem

075612000_1443756859-garangasem1 maksindotangerang
Makanan khas Tangerang satu ini sangat sesuai jika disantap ketika cuaca terik karena rasanya yang menyegarkan. Rasanya yang pedas dan asam ini menjadi ciri khas dari masakan satu ini. Gerem asem asli Tangerang terbuat dari bahan baku daging bebek atau daging ayam. Kualitas rasa dari gereng asem ini memang enak dan sesuai sekali jika digunakan untuk menyegarkan tubuh. Pembuatan gereng asem pun sangat mudah dan sederhana yang memang tidak membutuhkan banyak bahan. Cobalah untuk menikmati sajian gereng asem sebab masakan ini memang sangat pas dinikmati ketika berkunjung ke Tangerang. Sudah banyak sekali yang menjual menu makanan ini di rumah makan Tangerang dan Anda tinggal memilihnya.

4. Gecom

toge-goreng-31gecom maksindotangerang
Gecom makanan ke empat yang patut untuk dicicipi, nama makanan yang dibuat dari singkatan ini sangat unik. Gecom berasal dari singkatan toge oncom yang sudah bisa diartikan jika masakan ini berasal dari dua jenis bahan tersebut. Makanan ini sangat khas dengan bahan toge serta oncom yang dipadukan menjadi satu dengan tambahan ciri khas Tangerang berupa kecap untuk digunakan sebagai bahan pemanis. Kecap yang digunakan sudah pasti kecap khas yaitu kecap SH.

5. Bebek Sate

bebek sate maksindotangerang
Makanan kelima dari Tangerang yang memang menjadi makanan khas dan paling banyak dicari ialah bebek sate. Bila berkunjung jangan lewatkan untuk menikmati kelezatan dari bebek sate. Cara pengolahan oleh masyarakat Tangerang ini memang menggunakan cara khusus sehingga rasa dan hasil daging bebek lebih empuk. Pembuatan dari bebek sate ini pun cukup mudah dengan menggunakan bahan seperti merica, bumbu santan, dengan tambahan bumbu rahasia yang memang membuat rasa dan kualitas menu bebek sate menjadi istimewa dan diburu banyak orang. Harga jualnya cukup terjangkau sehingga Anda tidak perlu kuatir dengan uang 50 ribu Anda pun sudah bisa menikmati kelezatan bebek sate.

6. Sate Bandeng

Sate-Bandeng maksindotangerang
Bandeng sate ialah makanan yang juga populer selain bebek sate dengan cita rasa yang luar biasa. Hal ini yang membuat bandeng sate biasa menjadi langganan oleh para pengunjung. Dalam proses pengolahan sate bandeng ini memang dibuat dengan menggunakan teknik dan cara khusus supaya menciptakan rasa yang benar – benar khas asli daerah 1000 industri ini. Sate bandeng ini dibuat dengan menggunakan bumbu santan kelapa muda dengan tambahan bumbu khas. Teknik khas dalam membuat sate bandeng ini pun juga menggunakan cara khusus yaitu dengan mengambili duri ikan bandeng. Sate ikan bandeng ini memang berbeda dengan ikan bandeng umumnya, sebab duri ikan yang telah dihilangkan ini membuat sate bandeng empuk serta tidak bertulang. Harga yang dibanderol untuk sekedar menikmati sata bandeng ini hanya berkisar Rp. 25.000 sampai dengan Rp. 30.000 untuk satu bungkusnya. Sangat terjangkau dan murah meriah bukan, tidak ada salahnya bila Anda membawakan oleh – oleh berupa sate bandeng ini untuk kerabat.

7. Pindang Bandeng

pindang-bandeng2 maksindotangerang
Ikan bandeng oleh masyarakat Tangerang ini selain dimanfaatkan untuk membuat menu makanan sate bandeng juga dijadikan masakan khas yaitu pindang bandeng. Anda sudah tahu bukan bahwa pindang ialah jenis masakan tradisional yang berkuah. Rasa ikan bandeng jika diolah dengan membuatnya menjadi pindang bandeng memang sangat nikmat dan membuat cita rasa dari ikan bandeng semakin lezat. Bahan yang digunakan dalam pembuatan pindang bandeng khas Tangerang ini seperti bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, daun salam dan aneka jenis bahan bumbu lain. Untuk menciptakan rasa yang lebih enak maka diberi tambahan kecap manis untuk rasa manis dan tambahan asam jawa atau belimbing sayur untuk rasa asam. Rasanya mampu membuat ketagihan, bila mengunjungi kota ini jangan lupa untuk mampir menikmati pindang bandeng lezatnya.

8. Sayur Besan

Kuliner tangerang_sayur besan maksindotangerang
Masakan khas Tangerang yang perlu dicoba selanjutnya ialah sayur besan. Namanya sangat unik karena memang sayur ini selalu dihidangkan untuk orang tua mempelai laki – laki yang datang ke rumah orang tua mempelai wanita. Makanan ini perlu dicicipi karena rasanya lezat dank has, dengan bahan yang digunakan ialah bunga tebu atau biasa disebut dengan trubuk. Bahan pembuatan sayur besan ini diantaranya ialah terubuk, kentang, bihun dan petai.

9. Emping Menes

emping menes maksindotangerang
Anda juga bisa membawakan oleh – oleh berupa emping menes ini yang sangat khas dari Tangerang. Emping menes ini memiliki keistimewaan yaitu memiliki rasa dan aroma yang khas serta berbeda dari aneka jenis emping yang ada di Indonesia. Bahan baku pembuatan emping menes ini pun menggunakan bahan berkualitas dan diolah olah tangan yang telah terampil dan membuatnya menggunakan cara tradisional. Emping menes ini sangat cocok dijadikan oleh – oleh pariwisata ketika berkunjung ke Tangerang.

10. Kue Apem

apem tangerang maksindotangerang
Kue apem juga ada di Tangerang dan memiliki ciri khas tersendiri. Dalam pembuatan kue apem ini yang digunakan ialah tepung beras serta tape singkong. Kue apem ini biasa disantap dengan campuran sirup atau gula merah supaya rasanya semakin lezat dan nikmat. Kue ini pun menjadi salah satu kue apem yang khas dari Tangerang dengan cita rasa yang nikmat dan sangat lezat jika dijadikan sebagai kudapan.

11. Kue Jojorong

-Kue-Jojorong-Manis-Khas-Banten maksindotangerang
Salah satu jenis jajanan khas Tangerang yang tidak boleh dilewatkan untuk dicoba ialah kue jojorong. Kue ini ialah kue tradisional dengan pembuatan yang masih menggunakan cara tradisional. Selesai berwisata kuliner di Tangerang maka jangan lewatkan untuk membeli jajanan khas satu ini. Kue dengan cita rasa manis dan kenyal ini menggunakan bahan dasar berupa tepung beras, tepung kanji serta gula merah. Dalam proses pembuatannya bahan – bahan yang digunakan ini kemudian dicampurkan menjadi satu baru kemudian menuangkannya pada cetakan kecil yang telah disediakan. Apabila bahan ini sudah selesai dituangkan maka baru memberi tambahan taburan gula merah diatasnya. Kue ini dibungkus dengan menggunakan daun pisang yang kemudian dikukus beberapa menit. Untuk membeli oleh – oleh khas ini tidak perlu merogoh kocek yang dalam karena harganya hanya berkisar 5 ribu sampai dengan 20 ribu rupiah saja.

Itulah dia makanan khas Tangerang yang patut untuk Anda coba, bila berkunjung ke Tangerang tentu akan terasa kurang lengkap bila belum menikmati wisata kuliner yang ada disana. Nah, semoga informasi mengenai makanan khas dari kota Tangerang ini bisa membantu untuk menambah wawasan menggenai menu makanan dari Tangerang yang patut untuk dicicipi.