Subang

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Aneka Oleh-oleh, Tempat Wisata dan Makanan Khas Subang

Makanan Khas Subang

– Subang adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Barat. Ibukota Subang adalah Subang sendiri. Kota/Kabupaten ini terletak di sekitar Jalur Pantura yaitu jalur yang paling sibuk karena merupakan jalur antarkota.

Tapi buat kamu yang sedang mencari makanan khas Subang yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh, kamu bisa mencoba beberapa makanan khas Subang berikut ini.

Peuyeum Ketan

Makanan Khas Subang Peuyeum Ketan

Peuyeum makanan khas Sunda yang sudah terkenal. Peuyeum atau tape ketan adalah makanan khas Subang yang terbuat dari singkong yang dicampur dengan beras ketan kemudian dibungkus menggunakan daun. Biasanya peuyeum ketan dimakan bersama es campur atau minuman lainnya.

Dodol Nanas

Makanan Khas Subang Dodol Nanas

Dodol juga merupakan makanan khas Sunda yang sudah terkenal sampai ke seantero Indonesia. Namun untuk dodol nanas ini sudah tersohor sebagai makanan khas Subang. Penganan ini diolah dari buah nanas yang diparut lalu dicampur dengan tepung ketan dan gula.

Semua bahan tersebut diolah dalam ketel besar dan diolah dalam waktu yang cukup lama. Dodol nanas ini bisa kamu temukan jika berkunjung ke Jalan Cagak dan Jalan Raya Dawuan di Kota Subang.

Keripik Nanas

Makanan Khas Subang Keripik Nanas

Jika biasanya nanas dijadikan selai dan jus. Di Subang, masyarakatnya banyak membuat keripik berbahan dasar nanas dengan rasa yang enak dan gurih. Jenis nanas yang digunakan adalah nanas simadu.

Nanas Simadu

Makanan Khas Subang Nanas Simadu

Subang memang kota penghasil nanas terbaik di Indonesia. Tak heran di kota ini banyak olahan berbahan nanas. Salah satu jenis nanas unggulan di Subang adalah nanas simadu. Nanas ini menjadi ikon Kota Subang dengan bukti adanya Tugu nanas Simadu yang terletak di pertigaan Jalan Cagak, Subang. Jika ingin membeli nanas dengan rasa legit ini, kamu bisa mengunjungi Jalan Cagak.

Coklat Nanas

Makanan Khas Subang Coklat Nanas

Salah satu inovasi makanan khas Subang dari olahan nanas selain keripik dan dodol nanas adalah coklat nanas. Oleh-oleh ini mulai banyak diburu wisatawan yang berkunjung ke Kota Subang karena rasanya yang unik yaitu perpaduan coklat manis dan buah nanas.

Delipel (Kinanti Bakery)

Makanan Khas Subang Delipel

Makanan khas Subang berikutnya adalah sebuah usaha rumahan yang memproduksi kuliner bernama Delipel yaitu kependekan dari “DELIcious PineapplEL”. Lokasinya berada di dekat pusat kota (Wisma Karya). Di sana dijual berbahai macam oleh oleh dan makanan khas Subang terutama yang berbahan dasar nanas.

Jika ingin memperoleh makanan Delipel ini, disarankan untuk memesannya sebelum hari pengambilan karena untuk mengantisipasi habisnya stok. Produk yang paling laris dan paling enak adalah Delipel Pie.

D’Bubuy Ma’Atik

Makanan Khas Subang Bubuy Ayam

Jika mengunjungi Kota Subang, saran saya cobalah berkunjung ke rumah makan D’Bubuy Ma’Atik yang cita rasanya sangat nikmat. Menu andalan di rumah makan ini adalah Bubuy Ayam yang merupakan makanan warisan zaman dahulu. Bentuknya sama seperti pepes, namun pengolahannya dengan cara dipendam di dalam bara abu yang panas selama 5 sampai 10 jam.

Karena proses pengolahannya yang sangat lama, untuk bisa menikmati kenikmatannya kita harus memesannya sehari sebelumnya. Lokasinya berada di rumah produksi di daerah Pujasera, masuk ke dalam gang (persis di seberang eks bioskop Candra).

Abon Jantung Pisang Cisaat

Makanan Khas Subang Abon Jantung Pisang

tokopedia.com

Para ibu-ibu di Kampung Cilimus, Desa Cisaat, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang membuat terobosan dengan cara memanfaatkan jantung pisang yang dijadikan kuliner Abon. Menurut konsumen abon jantung pisang daerah Cisaat, abon ini mempunyai khasiat mengobati sakit perut.

Gepuk Warisan Nini Cisaat

Makanan Khas Subang Gepuk Warisan Nini

tokopedia.com

Setiap daerah pasti mempunyai kuliner khasnya. Seperti halnya Sumatera Barat yang memiliki rendang, Tanah pasundan juga memiliki kuliner sejenis rendang yaitu gepuk. Di kota Subang, gepuk yang terkenal adalah gepuk warisan nini produksi Ligar Sudrajat, Cisalak.

Makanan khas Subang ini memang istimewa, karena resep yang dipakai adalah warisan dari leluhur  dengan rempah-rempah alami tanpa penyedap rasa dan pengawet.

Makanan Khas Subang Gitrek

Makanan Khas Subang Gitrek

kknkasomalangkulon.blogspot.com

Gitrek adalah olahan keriping singkong yang beraroma kencur dan merupakan salah satu makanan khas Subang. Gitrek banyak ditemukan di daerah Kasomalang Kulon, Subang. Cara membuatnya sangat mudah yaitu dengan memeras saripati singkong lalu dibuat adonan dengan tepung kanji dan rempah-rempah.

Makanan Khas Subang Oncom Dawuan

Makanan Khas Subang Oncom

m.kompasiana.com

Oncom ini diproduksi di Daerah Dawuan yang berjarak 10 km dari pusat kota Subang. Usaha ini suda dirintis sejak tahun 60-an. Saking banyaknya para pembuat oncom di daerah Dawuan ini, banyak orang menyebut kampung ini dengan sebutan Babakan Oncom.

Makanan Khas Subang Ikan Lapan Crispy

Makanan Khas Subang Lapan Krispi

annisanuraulia7.blogspot.com

Di kawasan Pantura Subang ada salah satu olahan yang bisa dibeli para wisatawan yang berkunjung ke Subang yaitu olahan dari ikan lapan. Tuti Muhtamroh bersama kelompok Mina jaya telah merintis usaha ini sejak 2012 silam. Ikan laut yang bisasanya hidup di pinggiran laut ini diolah menjadi krispi dengan 4 varian rasa yaitu original, barbeque, keju dan pedas.

[/vc_column_text][vc_widget_sidebar sidebar_id=”iklan-halaman”][/vc_column][/vc_row]