Bogor

Kuliner Khas Bogor Dashyat

 Bogor kota yang sejuk dan elok, tentu tak lengkap jika saya tak membahas pula tentang kuliner khas Bogor. Bukan cuma Bandung yang terkenal dengan wisata kulinernya, kuliner Bogor pun sangat mengasyikkan lho. Berikut  kuliner khas Bogor yang wajib  dicicipi saat berkunjung ke Bogor:

1. Toge goreng

Toge Goreng
Toge Goreng

Agak susah untuk menemukan kuliner khas Bogor ini di kota lain. Toge goreng ini sebenarnya tidak dimasak dengan cara digoreng, melainkan direbus. Toge yang direbus, dicampur dengan mie telor kuning dan irisan tahu goreng (terkadang juga ditambah ketupat). Campuran ini lalu disiram dengan bumbu berbahan dasar oncom dan tauco dan diberi tambahan kecap manis. Rasanya sangat sedap dengan sensasi manis dan asin.  Ini sangat nikmat dimakan dalam kondisi masih hangat, apalagi bila hujan sedang turun di Kota Hujan ini, lezat dech.

2. Bapatong

bapatong
bapatong

Salah satu kuliner khas Bogor adalah bapatong. Namanya cukup unik kedengarannya,. Bapatong ini merupakan singkatan dari Bakso Kupat Gentong. Ketupat yang dipotong bentuk dadu disajikan dengan bakso ditambah dengan daging iga sapi yang dipotong-potong dan kuah bakso dari kaldu sapi. Jika Anda ingin mencicipi Bapatong, Anda dapat datang ke Jl Pangrango No 1, Bogor.

3. Laksa Bogor

Laksa Bogor
Laksa Bogor

Selain laksa betawi, laksa yang terkenal di Indonesia adalah laksa bogor. Dalam bahasa sanskerta, laksa artinya banyak.  Laksa ini dibuat dengan menggunakan banyak bumbu. Keunikan laksa bogor adalah pada campuran oncomnya. Laksa bogor juga tidak menggunakan mie, melainkan menggunakan lontong atau ketupat dan bihun sebagai campurannya. Laksa bogor ini juga menggunakan toge dan daun kemangi segar. Kuahnya sendiri dibuat dengan menggunakan santan kelapa yang sangat gurih. Laksa bogor ini juga memiliki tekstur yang agak kasar berkat parutan kelapa yang dimasukkan ke dalam kuahnya. Laksa bogor ini juga disajikan dengan tahu kuning, telur rebus dan diberi taburan serundeng. Jika Anda ingin mencicipi laksa bogor ini, datanglah ke Gg Aut, Jl Suryakencana.

4. Doclang

Doclang
Doclang

Kalau Cirebon punya docang, maka Bogor punya doclang. Doclang ini mirip dengan kupat tahu dan lontong sayur. Doclang ini terdiri dari pesor, irisan tahu goreng, irisan kentang rebus goreng, telur rebus, bumbu kacang cair, kecap dan kerupuk atau emping tangkil. Pesor adalah sejenis ketupat yang terbuat dari beras putih yang dibungkus dengan menggunakan daun patat dan direbus selama beberapa jam. Sementara daun patat ini biasanya tumbuh liar di kaki Gunung Salak. Beberapa penjual doclang yang “fanatik” biasanya juga hanya menggunakan kecap merk Zebra yang merupakan kecap asli Bogor. Saat ini, sudah tidak terlalu banyak penjual doclang di kota Bogor.

5. Cungkring

cungkring
cungkring

Jika kita mendengar kata cungkring, kerap yang terpikirkan adalah seseorang yang bertubuh tinggi dan kurus kering. Namun cungkring di sini adalah kuliner khas Bogor berupa potongan kikil dan bagian kepala sapi yang dimasak dengan bumbu kuning dan diguyur dengan bumbu kacang yang rasanya manis. Dalam bahasa sunda, cungkring artinya adalah kikil sapi. Makanan yang bentuknya mirip dengan sate ini biasanya disantap dengan nasi ketan putih bercampur kelapa parut, atau bisa juga disantap bersama tempe atau oncom goreng tepung. Cungkring ini biasanya disajikan dalam pincuk daun pisang. Anda dapat menemukan cungkring ini Gg Aut, Jl Surya Kencana, Bogor.

6. Ngo Hiang

Ngo Hiang
Ngo Hiang

Maafkan karena kuliner khas Bogor yang satu ini tidak halal. Hehehe. Ngo hiang ini sebenarnya merupakan kuliner asal China. Ngo hiang artinya adalah lima macam bumbu. Ngo hiang ini adalah daging yang dibuat dengan menggunakan campuran daging babi, udang, dan sagu yang digulung berbentuk panjang. Mirip dengan rolade. Gulungan ngo hiang ini lalu dipotong-potong sebelum disajikan. Ngo hiang ini memiliki tektur yang garing pada bagian kulitnya dan empuk di bagian dagingnya. Ngo hiang ini disajikan dengan tahu dan kentang yang disiram dengan kuah kental yang rasanya manis dan gurih, lalu diberi acar timun, lobak, dan wortel. Bagi penggemar pedas, Anda bisa menambahkan sambal cabai rawit. Dashyat  Di Gg Aut, Anda dapat menemukan ngo hiang yang terbuat dari daging ayam.

7. Pepes Sagu

pepes sagu pisang
pepes sagu pisang

Selama ini, pepes yang kita kenal pastilah pepes tahu, pepes jamur, ataupun pepes ikan. Namun di Bogor ada pepes yang sangat unik, yaitu pepes sagu pisang. Anda hanya dapat menemukan pepes sagu pisang ini di Jl Suryakencana. Sagunya terasa lembut dan pisangnya pun sangat terasa. Selain pepes sagu pisang, ada juga pepes sagu pisang keju, pepes sagu keju, dan juga pepes sagu nangka. Ayo dicoba berburu kuliner guys

8. Es Pala

Es pala
Es pala

Es pala dipercaya sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda, bahkan minuman ini sangat disukai oleh orang Belanda. Es pala khas Bogor ini terbuat dari irisan buah pala dan gula pasir dengan tambahan sedikit garam. Bahan-bahan ini lalu direbus dahulu sebelum disajikan dalam keadaan dingin. Es pala ini memiliki aroma yang harum dan rasa yang menyegarkan. Selain lezat, es pala ini juga bermanfaat untuk kesehatan, antara lain untuk mengatasi insomnia, melancarkan pencernaan, mengatasi rasa mual, dan mengurangi nyeri datang bulan.

9. Asinan Jagung Bakar

Asinan Jagung Bakar
Asinan Jagung Bakar

Inilah salah satu kuliner khas Bogor yang sangat unik. Asinan jagung bakar! Jagung manis yang telah dibakar lalu dipipil (dilepaskan dari bonggolnya) dan dicampurkan dengan kuah air cabai yang dicampur cuka dan gula. Rasanya sangat unik, citarasa manis, asam, dan pedas berpadu menjadi satu. Sangat menyegarkan untuk disantap saat cuaca gerah. Asinan jagung bakar ini biasanya disantap bersama kerupuk mie dan irisan mentimun. Anda dapat menemukan asinan jagung bakar di Gg Aut, Jl Suryakencana, Bogor.

10. Asinan Bogor

Asinan Bogor
Asinan Bogor

Kuliner khas Bogor yang tak boleh ketinggalan tentu saja adalah asinan bogor. Asinan bogor ini merupakan kuliner hasil percampuran budaya masyarakat Tionghoa yang sudah beratus tahun tingal di Bogor. Ada tiga jenis asinan bogor, yaitu asinan buah, asinan sayur, serta asinan campuran buah dan sayur. Potongan-potongan sayur dan buah yang diguyur dengan kuah asam pedas ini rasanya sangat segar dan nikmat, apalagi bila disantap dengan kerupuk kuning dan kacang tanah.

Klikers, itulah 10 kuliner khas Bogor yang rasanya dijamin akan bikin Anda ketagihan. Supaya lebih mudah, Klikers langsung saja datang ke Gg Aut, Jln Suryakencana. Jln Suryakencana ini merupakan pusat kulinernya kota Bogor. Anda dapat menemukan berbagai macam kuliner yang akan membuat perut Anda seketika keroncongan saat menyusuri Jln Suryakencana ini.