Bekasi

Makan dari bekasiyang sangat lezat , tidak mungkin anda lupakan, pasti ketagihan

Bekasi memang kota yang istimewa. Meski sampai sekarang masih suka diejek, tapi warga Bekasi selow dan justru semakin percaya diri menunjukkan kelebihan positif dari wilayah ini. Nah, ada hal lain yang paling nggak bisa dilupakan dari kota ini selain macet, panas, dan jalanan berlubangnya. Apakah itu? Yap, kuliner khas Bekasi malah dicari-cari ke seluruh negeri, widih!

Kuliner khas Bekasi ini sudah banyak dikembangkan di kota lain. Tapi dijamin, rasanya bakal beda kalau kamu menyantapnya di wilayah Bekasi. Kalau datang sendiri ke wilayah ini dan berburu makanan khas-nya, pasti bakal mendapat sensasi gokil. Gak cuma sensasi luar biasa tapi sudah luar angkasa, hihihi! Wah, udah pada gak sabar nih mengetahui kuliner khas Bekasi. Buka mata lebar-lebar dan check this out!

1. Sayur Gabus Pucung. Waini, nih! Sayur ini merupakan kuliner utama yang cuma enak kalau dinikmati di Bekasi dan sekitarnya. Cuma orang Bekasi yang bisa bikin sayur ini jadi nikmat tiada tara. Isinya ikan gabus yang dimasak sama kuah kluwek yang super sedap. Beugh, agak susah menceritakan rasanya. Mending kamu coba sendiri dan dijamin ketagihan akut!

2. Sayur Asem Bekasi. Pasti dalam hati kamu, ‘yailah berlebihan banget, sih. Sayur asem dimana-mana mah sama’. Eits, hentikan pemikiran ini. Sesungguhnya menduga sebelum mencoba adalah prasangka buruk yang bisa bikin dosa kamu nambah, wkwkwk. Sayur asem Bekasi ini punya kuah yang kuningnya medok dan pakai asemnya bisa sekilo cuma buat masak sepanci! Asem banget tapi seger abis, lho.

3. Kue Akar Kelapa. Banyaknya orang Betawi yang eksodus ke Bekasi membuat kota ini juga khas dengan kue kelapa yang dimiliki warga Betawi. Sering juga dibilang kue procot Bentuknya mirip akar kelapa, ya. Ini makanan biasanya ada pas Lebaran. Kue akar kelapa dibuat dari tepung ketan, gula pasir, margarin, telur, dan air. Bisa juga ditambah wijen biar rasanya lebih enak.

4. Dodol Bekasi. Apa yang bikin dodol Bekasi beda dengan dodol lainnya? Tak lain dan tak bukan, rasa santannya yang lebih kental. Yup, kalau dodol di tempat lain pemakaian santan cuma ‘syarat’ doang, kalau dodol bekasi bisa jadi sekilo! Membuatnya kudu di tunggu tradisional berbahan bakar kayu. Entah kenapa, katanya kalau masak di kompor rasanya ‘kagak’ enak. Beugh, jadi penasaran pengen nyobain, kan?

5. Kue Dongkal. Kamu yang lagi kelaparan berat dijamin bakal makin membabi buta begitu ngeliat kue ini. Padahal bahannya sederhana, lho. Cuma tepung beras yang digiling kasar, kelapa parut, gula merah, gula pasir, dan daun pandan. Cara membuatnya juga gampang banget, bahkan orang Bekasi membuatnya sambil merem. Nih ya, campurkan tepung beras, kelapa parut, dan gula pasir. Masukkan ke dalam cetakan. Tambahkan gula merah yang sudah dicincang kasar. Beri daun pandan di atasnya. Kukus 20 menit, dan waini! Buruan santap!

6. Kue Jalabia alias Kue Cincin. Dari namanya sudah ketebak ya, ini kue pasti bentuknya mirip cincin. Tebakan kamu gak meleset sama sekali. Kalau orang kota bilang, ini donat-nya orang kampung. Beugh, biar dibilang donat kampung tapi rasanya internasional! Biasanya kue ini tersaji saat hajatan atau ada acara penting. Ingin ngerasain Jalabia? Makanya, datang dong ke Bekasi.

7. Kue Rangi. Mungkin gak ada yang tahu kalau Kue Rangi ini ternyata asli Bekasi. Proses pembuatannya cepat dan rasanya pun enak pake banget! Kue rangi terdiri dari tepung sagu yang dicampur kelapa parut kasar, dan garam. Setelah diaduk jadi satu, dipanggang dalam keadaan kering. Tambahkan siraman gula merah yang diencerkan dengan sagu sehingga menghasilkan saus gula kental. Luar angkasa enaknya! Rekomendasi abis!